Selasa, 14 November 2017

Suhu dan Tekanan Sistem

Pendahuluan
Pada bagian sebelumnya kita sudah mempelajari bahwa susunan atom antara zat padat cair dan gas memiliki karakteristik yang berbeda jika dilihat dari kerapatannya. Secara umum, zat padat memiliki tingkat kerapatan yang paling tinggi disusul oleh zat cair dan gas secara berturut-turut. Namun ada sedikit pengecualian yaitu pada air. Air pada fase padat justru memiliki kerapatan yang lebih rendah dibandingkan pada fase cair. Dengan kata lain, massa jenis air lebih tinggi dibandingkan dengan massa jenis es. Hal ini secara faktual dapat dilihat saat kita membuat es teh, kita amati balok-balok es akan mengapung di permukaan air teh. Hal itu menandakan kerapatan air lebih tinggi daripada kerapatan es.
Es pada segelas teh akan mengapung

Berdasarkan kegiatan sebelumnya juga sudah kita ketahui bahwa susunan/kerapatan atom/molekul dapat berubah dengan pemberian kalor. Padahal kerapatan atom/molekul berhubungan dengan wujud zat. Maka dapat diperoleh simpulan bahwa kalor dapat mengubah wujud zat.

Permasalahan
Selain pemberian kalor, faktor apa lagi yang bisa menyebabkan perubahan wujud zat?

Tujuan
Pada ruang belajar online ini, kita akan menggunakan Phet Interactive Simulation untuk menemukan faktor apa saja yang dapat mengubah susunan partikel suatu zat.

Penyelidikan
Untuk menjawab permasalahan, kita perlu memberi berbagai perlakuan pada sejumlah atom di ruang tertutup. Namu rasanya terlalu sulit bagi kita untuk melakukan percobaan tersebut secara langsung, oleh karena itu mari kita lakukan penyelidikan melalui kegiatan simulasi komputer menggunakan Phet Interactive dengan prosedur sbb:

1. Kilik "Phase Changes" pada aplikasi berikut:



2. Pilihlah Neon pada Kotak "Atom & Molecules", lalu catat nilai tekanan dan suhu yang tertulis pada Manometer dan Termometer!
3. Tambahkan atom neon dengan memompa alat pompa hingga lima kali, lalu amati susunan atom, suhu dan tekanan sistem!
4. Ulangi langkah no. 3 dengan memompa atom neon masuk ke dalam sistem hingga 20 pompaan, namun pada tiap lima pompaan amati susunan atom, suhu dan tekanan sistem!
------
5. Reset program dengan cara menge-klik tombol "Reset" di pojok kanan bawah, yaitu tombol berbentuk lingkaran dengan tanda anak panah yang melingkar,
6. Arahkan kursor ke gambar tangan hingga di sekitar tangan muncul tanda panah hijau!
7. Kurangi volume tabung (sistem) dengan cara menggerakan ujung tangan kebawah untuk menekan penutup tabung ke bagian bawah hingga persis bersentuhan dengan atom! Setelah itu amati struktur atom, suhu dan tekanan sistem!
8. Kurangi lagi volume sistem dengan cara menekan lagi penutup tabung sedikit ke bawah kira-kira 1 cm dari posisi semula,  amati struktur atom, suhu dan tekanan sistem!
 9. Ulangi langkah no. 8- yaitu menekan penutup tabung hingga kira-kira 1 cm ke bagian bawah- hingga empat kali untuk mengurangi volume sistem, lalu amati struktur atom, suhu dan tekanan sistem setiap pengurangan volume tersebut!

Analisis Hasil Penyelidikan
Setelah melakukan simulasi, isilah Lembar Kerja 3 (LK 3) berikut:





Selamat, kamu telah menyelesaikan materi pengayaan.
Silakan lanjut ke EVALUASI



----------------


0 komentar:

Posting Komentar